others

Liebster Blog Award 2014

5a7b2-liebsteraaward

Halo, halo 🙂 Pakai bahasa Indonesia saja, ya? Aku lagi ribet sendiri nih, jadi nggak sempet bikin postingan ini dalam dua bahasa (Inggris dan Indonesia) seperti tahun lalu waktu kena Rapid Fire Questions ;p. Nah, kali ini aku kena yang namanya Liebster Blog Award, yang memang belakangan ini sedang melanda teman-teman BBI (halah). Aku pernah baca satu dua postingan LBA, dan kurasa mirip-mirip lah sama RFQ tahun lalu, hanya aturannya aja yang berbeda. Aku kirain aku nggak bakalan kena, eh akhirnya kena juga, hahaha. Entah bagaimana caranya, kena “timpuk” sama Meliana. Yah, tak apa lah. Ini kan cuma buat senang-senang aja, dan sekalian juga supaya lebih mengenal anggota BBI yang lain.

Oke, jadi gimana aturan mainnya? Begini: seorang blogger melemparkan 10 pertanyaan kepada 10 orang blogger lainnya, kesepuluh blogger yang mendapat pertanyaan tersebut harus menjawab pertanyaan di blognya plus memberikan 10 random facts tentang diri mereka sendiri. Kemudian, para blogger tersebut membuat 10 pertanyaan baru yang akan dilemparkan ke 10 blogger lain yang (kalau bisa) belum dapat giliran. Hadew, ribet jaya dah.

Nah, kemarin tuh dapat 10 pertanyaan dari Meliana, dan sekarang akan aku jawab di sini. Ini dia.

1). Suka karangan penulis dalam negeri atau luar negeri?

Jawab: Terus terang, aku lebih suka karangan penulis luar negeri. Karena temanya lebih beragam dan lebih berani, gaya penulisan dan cara penceritaannya juga lebih menarik. Ini bukan masalah nasionalis atau nggak nasionalis lho. Ini cuma masalah selera dan opini pribadi. Kan nggak bisa dipaksakan, hehe.

2). Apa yang membuat kamu memutuskan untuk membeli atau membaca sebuah buku? Dari cover, sinopsis, atau apa?

Jawab: Alasan aku membeli atau membaca sebuah buku lebih ke sinopsisnya dan resensi dari orang-orang yang udah baca. Aku agak nggak pedulian sama cover soalnya.

3). Apakah kamu mempersiapkan budget khusus untuk membeli buku?

Jawab: Yap. Karena penghasilanku mepet sedangkan tanggunganku banyak, kalau mau beli buku ya harus nabung dulu. Apalagi kalau mau beli buku impor berbahasa Inggris yang harganya selangit, mesti nabung jauh-jauh hari dulu.

4). Pernah nggak kamu kehilangan buku?

Jawab: Waduh, seingatku sih enggak.

5). Buku yang bikin kamu nyesel membaca atau membelinya?

Jawab: Sejauh ini Testpack sama The Rug Merchant. Testpack karena aku nggak terlalu suka (alias kecewa) sama gaya penceritaannya, kalau The Rug Merchant karena terjemahannya sudah keterlaluan menurut standarku.

6). Genre buku apa yang kamu paling sukai?

Jawab: Aku paling suka genre “general fiction”, buku fiksi tentang kehidupan orang, idealisme, budaya masyarakat tertentu, dan juga isu-isu di berbagai belahan dunia.

7). Dalam 1 hari kamu bisa menyelesaikan berapa buku? Atau berapa halaman buku?

Jawab: Wadoh, pertanyaannya nonjok banget nih. Aku ini lelet setengah mati. Jangankan berapa buku dalam sehari, berapa halaman aja belum tentu dapet. Kalau sempet sih paling 30-50 halaman sehari, kalau nggak sempet ya 1 halaman sehari aja udah alhamdulillah.

8). Suka baca paperback atau ebook?

Jawab: Sebenernya apa aja boleh lah. Tapi untuk saat ini aku lebih memilih paperback karena bisa baca sambil istirahat alias tiduran. Karena nggak punya ebook reader, baca ebook mesti di komputer. Nah, di depan komputer isinya kerja melulu, jadi agak-agak nggak sempet gitu.

9). Berapa kali dalam sebulan kamu ke toko buku?

Jawab: Haha, haduh, pertanyaan nonjok lagi nih. Dalam rangka apa dulu nih? Kalau cuma buat nongkrong-nongkrong ya paling sering sebulan sekali. Kalau buat beli buku ya bisa sampai setahun sekali ke toko buku. Mana ada duit sering-sering beli buku? Diriku ini kan biasanya cuma modal minjem sama nyewa doang, haha.

10). Kenapa kamu membuat blog tentang buku?

Jawab: Sebenarnya awalnya, dan pada dasarnya, aku bikin blog buku karena pengin punya medium untuk mempraktikkan bahasa Inggris-ku. Kalau kita punya ilmu dan nggak selalu diasah, bisa hilang begitu aja alias lupa. Karena aku menganggap bahasa adalah ilmu (terutama bahasa asing), makanya aku pengin mempraktikkan (sekaligus belajar lagi) menulis dalam bahasa Inggris. Kebetulan aku suka baca buku, jadinya aku mempraktikkan bahasa Inggris-ku dalam bentuk resensi buku. Makanya jangan heran kalau blogku isinya bahasa Inggris semua, hehe. Ini aja sebenernya blog pengganti yang dulu (erdeaka’s book review, yang link-nya udah aku hapus dari dunia maya). Kenapa ganti? Karena setelah kubaca-baca lagi, bahasa Inggris-ku di blog resensi yang dulu itu acak adul semua. Aku pengin bikin resensi yang lebih formal dengan bahasa Inggris yang lebih baik dan lebih benar. Hehe.

Maaf ya kalau jawabanku terkesan curcol ;p. Nah, setelah menjawab kesepuluh pertanyaan dari Meliana di atas, sekarang saatnya aku mengungkapkan 10 random facts tentang diriku:

  1. Punya kesulitan dalam berkomunikasi dan bersosialisasi dengan orang lain.
  2. Nggak bisa hidup tanpa kopi dan sambal, padahal punya maag berat.
  3. Phobia kodok.
  4. Hobi tidur.
  5. Alergi debu (eh, nggak penting ya? hehe)
  6. Rajin jogging pagi, tapi bobot nggak turun malah naik terus.
  7. Walau berkecimpung di dunia romance, sebenernya aku nggak terlalu suka romance.
  8. Baru mulai suka membaca waktu SMU.
  9. Pecinta warna ungu.
  10. Nggak pedulian sama penampilan.

Sekarang, aku punya 10 pertanyaan untuk 10 blogger lainnya. Dan pertanyaannya adalah:

  1. Sejak kapan kamu suka membaca buku?
  2. Kenapa kamu suka membaca buku?
  3. Pernah nggak kamu merasa menyukai penulis tertentu lalu kemudian kamu merasa tidak menyukai penulis itu lagi? Kenapa?
  4. Sebagai lanjutan pertanyaan di atas, pernah nggak kamu sangat menyukai sebuah buku, tapi kemudian kamu merasa tidak menyukai buku itu lagi? Kenapa?
  5. Apa kendala terbesarmu dalam membaca buku?
  6. Apa kendala terbesarmu dalam meresensi buku?
  7. Apa alasan kamu bergabung dengan BBI?
  8. Buku apa di wishlist kamu yang sampai saat ini masih belum kamu dapatkan/baca?
  9. Jenis buku apa yang paling tidak mau kamu baca?
  10. Apa cita-citamu berkenaan dengan buku dan membaca?

Dan, yang beruntung mendapatkan kesepuluh pertanyaan di atas adalah: Annisa, Sulis, Perdani, Bzee, Putri, Phie, Tantri, Asrina, FJRean, dan Fanda.

Yak, selamat menjawab dan have fun! 😉

NB: Jangan lupa sertakan link dari postingan jawaban LBA kalian di komen di bawah ini, ya? Thanks.

15 thoughts on “Liebster Blog Award 2014”

  1. Maaf ya, kelewatan… aku jawab di sini aja yaa:
    1. Sejak bisa baca
    2. Sudah takdir kayanya :p
    3. Belum pernah, kalau kecewa dengan salah satu karyanya mungkin pernah, tapi tetep suka-suka aja sama penulisnya
    4. Belum pernah, kalo kebalikannya sering
    5. Cari mood-nya
    6. idem, haha
    7. Merekam kesanku terhadap buku, berbagi kesan terhadap buku, dan bertemu teman2 satu hobi
    8. Night Flight by Antoine de Saint-Exupery
    9. Romance *nyengir*
    10. Punya perpustakaan pribadi 🙂

    Ini ada 21 fakta tentangku, haha
    http://bacaanbzee.wordpress.com/2014/04/09/liebster-award-and-11-facts-about-me/
    http://bacaanbzee.wordpress.com/2014/01/12/liebster-blog-award/

Leave a comment