others

5 Buku yang Akan Harus Dibaca di Tahun 2016

Karena nggak ada yang nanyain, dan nggak ada yang ngajakin bikin guest post juga (nangis di pojokan *hiks*), jadinya ya saya bikin postingan sendiri, hahaha! Yah, nggak apa-apa lah ya, daripada nggak sama sekali. Nah, kalo di artikel sebelumnya saya bilang belum tahu mau baca apa, sekarang saya bikin postingan tentang buku-buku yang memang harus saya baca tahun ini. Istilahnya, walaupun secara keseluruhan belum tahu mau baca apa, paling tidak lima buku ini sudah masuk daftar wajib baca di tahun 2016. Mungkin kalian penasaran, mungkin juga nggak (hehe), tapi inilah daftarnya.

  1. Dream of Ding Village – Yan Lianke

ding-villageSaya sudah menyia-nyiakan buku ini selama 2 tahun sampai halaman-halamannya mulai menguning. Salah saya sendiri juga sih, dulu beli buku ini hanya karena didiskon sampai hampir setengah harga. Sebenarnya, sejujur-jujurnya, saya tidak tertarik dengan tema buku ini, jadi bacanya lelet setengah mati (padahal baca buku menarik aja lamanya minta ampun). Tapi tahun ini, saya bertekad untuk menyelesaikan karya sastra Tiongkok ini: mau awal tahun kek, tengah tahun kek, akhir tahun kek. Pokoknya tahun depan buku ini harus selesai!

  1. The Black Book – Orhan Pamuk

black-book-2-kecilBuku ini sudah ada dalam wishlist saya sejak zaman dahulu kala, dan di pertengahan tahun lalu teman saya dengan baik hati membelikannya untuk saya (harganya bo’… harganya…!!!) Saya seneeeng… banget, sampai bukunya saya elus-elus terus. Tapi ya itu, entah kenapa setelah dapet saya malah jadi belum bergairah untuk baca buku ini. Mungkin akibat mblenger duluan habis baca Silent House yang dialog-dialognya tanpa tanda kutip itu. Tapi, demi cinta saya kepada Pakdhe Pamuk, saya bertekad membaca buku ini sampai tuntas tahun 2016.

  1. Revenge – Yōko Ogawa

revenge-ogawa-kecilHadiah GA tahun lalu, dan sudah mulai menguning juga halaman-halamannya. Awalnya saya nggak kenal dan nggak tertarik sama Yōko Ogawa, ikutan GA berhadiah satu paket karya beliau cuma gara-gara pengen ngerasain aja rasanya menang GA di luar negeri (iya, saya memang ndeso). Tapi setelah baca The Diving Pool sama Hotel Iris (salah satu my best read tahun ini), saya jadi suka sama ibu’nya. Sebenernya saya sudah rencana baca Revenge bulan Desember lalu, tapi karena kepentok dapet buntelan dan merasa bertanggungjawab buat cepet-cepet nyelesein dan ngerepiu bukunya, terus ya nggak jadi. Hehe. Tapi insya Allah tahun ini lah ya…

  1. The Housekeeper and the Professor – Yōko Ogawa

housekeeper-ogawa-kecilSatu paket sama Revenge (juga The Diving Pool dan Hotel Iris). Alasan kenapa belum saya baca sampai sekarang? Idem sama yang di atas :p

  1. Ground Zero, Nagasaki – Seirai Yuichi

nagasaki-ground-zero-kecilHadiah GA (dari luar juga) di awal tahun lalu. Seumur-umur saya belum pernah pegang/punya buku hardcover, dan walaupun kumcer ini tipis doang, saya seneng dapetnya. Belum pengen baca, enggak tahu kenapa, padahal pas saya buka-buka sedikit menurut saya isinya bagus. Moga-moga tahun depan kesampaian buat baca buku ini. Semangat!

Itu dia tadi daftar 5 buku yang akan harus saya baca tahun 2016. Semoga nggak ada halangan (halangan di sini maksudnya adalah minjem-minjem buku temen dan perpustakaan, hahaha!) Lalu bagaimana dengan kalian? Apa ada daftar khusus buku-buku yang harus dibaca tahun ini? Silakan komen di bawah ya 🙂

8 thoughts on “5 Buku yang Akan Harus Dibaca di Tahun 2016”

Leave a Reply

